EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Sunday, June 1, 2014

Penderita asam urat tidak boleh memakan makanan ini


Asam urat lebih dikenal sebagai radang sendi,sendi membengkak dan rasanya sakit sekali. Kondisi ini disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam darah yang sudah melampaui batas yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, kelebihan asam urat dalam darah ini pada akhirnya akan mengkristal dan menumpuk pada persendian, sehingga mengikis jaringan tulang lunak sendi dan menimbulkan rasa sakit. Apa penyebab asam urat tinggi?, Asam urat dalam darah yang berlebih bisa didasari karena ada masalah pada fungsi ginjal. Karena hal tersebut, makanan tertentu yang dikonsumsi bisa semakin mempertinggi asam urat dalam darah dan menimbulkan peradangan gout yang menyakitkan.



Makanan yang tinggi mengandung purin, terutama harus dihindari oleh penderita. Hal ini bisa mencakup makanan hewani maupun nabati atau sayur-sayuran tertentu. Bagi orang sehat, makanan yang tinggi purin ini tidak menjadi masalah, namun bisa semakin memperparah kondisi bagi penderita asam urat.

Berikut makanan tinggi purin, yang harus dihindari oleh penderita asam urat karena bisa memperparah gejala dan kondisi :


Kacang belinjo

Kacang-kacangan seperti kacang tanah juga harus dihindari, terutama belinjo bahkan beserta daun dan bunganya, yang biasanya diolah sebagai sayur mayur.

Buah durian

Buah durian memang lezat bagi sebagian orang, akan tetapi jika dikatakan dokter memiliki asam urat, sebaiknya dihindari. Atau kalau memang ingin sekali memakannya, sebaiknya tidak berlebihan dan sering.

Petai

Petai yang bau ini sebenarnya sangat bagus nilai kandungan nutrisinya, ia mengandung mineral, antioksoidan polifenol yang kuat, serat, vitamin B2 yang bagus untuk otak, dsb. Akan tetapi karena tinggi purin, sebaiknya jika Anda memiliki asam urat tinggi untuk menghindari petai.

Bayam

Orang mungkin berfikir jika bayam adalah sayuran yang bagus dikonsumsi, terutama karena tinggi mengandung zat besi yang sangat penting bagi tubuh. Benar sih, Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati dengan sayuran bayam, termasuk asparagus, karena memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Daging merah

Daging merah seperti halnya daging sapi, daging kambing, babi, merupakan makanan sumber hewan yang berkadar purin tinggi. Dengan demikian bagi penderita asam urat, sebaiknya membatasi asupan makanan ini.

Tahu Tempe

Tahu dan tempe rtinggi protein dan gizi, juga sangat umum dihidangkan sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Tapi, tahu tempe yang berbahan dasar kedelai ini termasuk sumber makanan yang tinggi purin.

Ikan Sarden dan Makerel

Ikan laut seperti sarden, makerel, dan tuna, sangat bagus bagi kesehatan karena mereka tinggi tinggi protein dan asam lemak tak jenuh. Sayangnya ikan pada umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi.  Khususnya ikan sarden, mackerel, dan tuna termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari penderita sakit asam urat.

Udang

Makanan laut sebagian besar termasuk golongan makanan dengan kadar purin yang tinggi. Golongan seperti udang dan kepiting merupakan sumber makanan yang tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita.



Selain mengatur diet makanan untuk mengelola asam urat, yang juga tak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat ke dokter secara berkala. Hal ini penting untuk mengetahui seberapa aman kadar urat Anda, sehingga diet bisa lebih terkontrol dan dalam batas aman. Selain diet asa urat yang baik, Anda mungkin membutuhkan obat resep untuk membantu kondisi Anda. Perlu diketahui bahwa asam urat adalah penyakit kronis seperti halnya hipertensi dan diabetes, dimana yang memerlukan managemen diet yang baik - atau membatasi dan mengurangi asupan tertentu terus menerus.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

fans page

Sudah Dilihat

Followers


Get this widget!