EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Friday, June 8, 2012


Jamu Temulawak Dan Manfaat Buat Kesehatan


Tanaman temulawak, yang kondang disebut sebagai curcuma javanica, biasa tumbuh sebagai semak tak berbatang, dan termasuk dalam keluarga jahe (zingiberaceae).

Ternyata Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan tidak hanya sebagai untuk pengobatan penyakit liver, tanaman ini juga sebagai obat tradisional untuk berbagai macam jenis penyakit seperti: penyakit eksim dan mengobati bau badan yang kurang sedap. Keunggulan tanaman ini dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, jadi jika anda memiliki anak yang bermasalah dengan nafsu makannya, berikanlah temulawak.

Jika anda ingin membersihkan darah dari berbagai racun yang mengalir didalam tubuh, cukup sajikan temulawak sebagai minuman yang menyehatkan. Meminum temulawak juga sangat baik terutama ketika anda baru sembuh dari sakit, khasiatnya dapat memberikan energi sehingga menghilangkan rasa lelah. Bagi anda para ibu muda yang baru saja mempunyai momongan, ternyata temulawak sangat bermanfaat juga untuk memperbanyak Air Susu Ibu (ASI).
Tanaman ini biasanya digunakan untuk campuran minuman jamu. Tentu sangat menyehatkan dari berbagai khasiat yang dihasilkan. Tanaman ini sangat mudah didapatkan baik dibeberapa pasar tradisional, supermarket maupun menjadi campuran beberapa obat dan jamu. Jadi untuk menjadi sehat, tidak perlu mahal dan itu terbukti dari manfaat temulawak untuk kesehatan. Gunakan tanaman yang ada disekitar kita yang sudah teruji sebagai obat tradisional yang telah diturunkan oleh nenek moyang.

Tanaman asli dari Indonesia ini, menyimpan sejuta khasiat.
Sejak dahulu, masyarakat Indonesia memanfaatkan temulawak untuk mengobati berbagai penyakit, yaitu sakit kuning, penurun panas, diare, merangsang nafsu makan, mag, perut kembung, dan pegal-pegal.
Disamping manfaat diatas, temulawak juga dapat menurunkan lemak darah, menghambat penggumpalan darah sebagai antioksidan, dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya imun tubuh.
Daging buah (rimpang) temulawak banyak mengandung kurkumin. Kurkumin ini memiliki manfaat terutama sebagai antioksidan, melindungi hati dari toksitas alkohol, dan memperbaiki fungsi hati.

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa kurkumoid termasuk kurkumin juga memiliki aktivitas kemopreventif dan kuratif melawan kanker.

Cara konsumsi temulawak :
Saat ini, sudah banyak dijual temulawak dalam bentuk serbuk. Untuk mengkonsumsinya dapat diseduh dengan air hangat atau dengan air dingin sesuai selera. Untuk pencegahan dan menjaga vitalita, minumlah satu kali tiap hari. Sedangkan untuk keperluan pengobatan,minumlah temulawak 3 kali sehari sehabis makan.....
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

fans page

Sudah Dilihat

Followers


Get this widget!